Cara Merawat Motor Dengan Baik Dan Mudah

Setiap motor punya ciri khas tersendiri, setiap pabrik memberi label masing-masing keluarannya. Dengan performa berberbeda-beda, usia motor akan lama bila mengetahui bagaimana cara merawat motor dengan baik. Sudah seharusnya menjadi biker yang baik, bisa mengetahui seluk beluk motornya dengan benar.  Baik itu motor lama ataupun baru, karena setiap kendaraan punya nilai ekonomis masing-masing. Untuk bisa memperpanjang nilainya, maka perlu adanya perawatan yang baik.

perawatan motor

Setiap kendaraan perlu kebutuhan untuk dirawat, berikut beberapa cara merawat motor dengan baik :

  1. Mengecheck stelan rantai dan gir. Rantai yang kendor cukup disetel kembali,  olesi oli (chain lube) apabila rantai kering. Rantai diganti setelah mencapai 25rb-35rb km. Hal ini untuk menghindari rantai dapat putus secara tiba-tiba.
  2. Memeriksa busi pada motor. Busi mempunyai fungsi sebagai alat vital pada motor, karena bisa menjamin kelancaran mesin. Pergantian busi sebaikya dilakukan setelah jarak mencapai 12 ribu km. Selain itu perhatikan juga kabel yang menghubungkan arus listrik ke busi. Ganti kabel koil bila ditemukan terdapat retakan dan pengerasan. 
  3. Mengecek (filter) karburator. Karburator memiliki dua type, yaitu jenis kering dan basah. Untuk karburator kering jenis perawatannya cenderung mudah, yaitu cukup disemprot dengan kompresor, namun minusnya harus diganti setelah 25 ribu km ketentuan khusus lainnya tidak boleh terkena oli atau minyak. Biasanya karburator ini dipunyai motor keluaran tahun 2000 ke atas. Sedangkan untuk yang filter basar, perlu dibersihkan menggunakan bensin lalu dilumuri oli. Type filter basah rata-rata model motor untuk keluaran 1990-2000-an. 
  4. Menjaga kebersihan karburator. 
  5. Periksa kondisi aki. Motor keluaran tahun 2000-an ke atas rata-rata menggunakan jenis model aki kering. Sehingga tidak perlu melakukan perawatan khusus. Setidaknya, kurang lebih diganti setelah 3 tahun. Sedangkan untuk aki basah perlu adanya penge-check-an setelah radius 10 ribu km. Segera isi air aki bila akinya kering. Ciri khas aki mulai lemah adalah motor sudah mulai susah di-starter. 
Cara merawat motor dengan baik tidaklah susah, hanya butuh continue dan teratur untuk melakukannya. 
Ads 300 x 250

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Majalah Otomotif Motor Mobil Online langsung di pesan kotak masuk.

feedburner